Review Buku : Rantau 1 Muara

RANTAU 1 MUARA
Judul : Rantau 1 Muara
Penulis : A.Gunadi
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Rantau 1 Muara merupakan novel triologi dari Negeri 5 Menara. Novel ini masih berkisah tentang Alif dalam perjalanan hidupnya setelah lulus kuliah.
Alif merupakan salah satu dari mahasiswa berprestasi di kampusnya. Di masa kuliahnya, ia sudah mampu menetap di luar negeri sebagai duta muda untuk mewakili kampus. Alif yang gemar menulis tak jarang ditemui bahwa tulisannya masuk dalam majalah lokal, hingga akhirnya Alif sering diminta untuk mengisi beberapa kolom oleh pihak majalah. Alif yang baru lulus kuliah ini pun tak perlu khawatir dan terburu-buru dalam melamar pekerjaan karena saat itu ia sudah memiliki penghasilan sendiri.  
Namun sayang, kesenangan Alif tidak bertahan lama. Indonesia pada saat itu sedang dilanda krisis moneter yang mengakibatkan semua harga naik termasuk harga kertas. Pihak majalah pun tak dapat memuat lagi tulisan-tulisan Alif. Alif saat itu telah kehilangan pekerjaannya. Kegelisahan Alif bertambah ketika diwaktu sulit seperti itu ia harus bertemu dengan sahabat sekaligus musuhnya, Randai. Seperti biasa mereka saling berkompetensi. Pada akhirnya mereka bersaing untuk mewujudkan cita-cita masa kecilnya yaitu kuliah dan bekerja di luar negeri.
Kompetensi tersebut tak henti-hentinya membuat Alif terus berpikir. Dengan keadaannya saat itu, sangat tidak mungkin bagi Alif untuk merealisasikannya. Namun ia teringat dengan mantra yang pernah diajarkan di PM “Man saara ala darbi washala: barang siapa berjalan dijalannya akan sampai ke tujuan”. Alif harus menentukan jalannya dan konsisten pada jalan yang ia tempuh. Alif juga percaya bahwa jika ia bersungguh-sungguh dalam berusaha, ia akan mampu untuk mencapainya, man jadda wajada.
Dengan kerja keras yang Alif kerahkan, ia akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah di Amerika, Negara impiannya sejak di PM. Meski keinginannya saat itu telah tercapai, Alif masih terus berjuang, sebagai pendatang baru tidak mudah bagi Alif untuk cepat beradaptasi, ia juga harus mencari penghasilan tambahan karena tidak mudah bertahan hidup di Negara maju seperti Amerika. Masalah percintaan yang Alif hadapi pun tak kalah membuat Alif pusing. Namun hal tersebut tidak membuat surut semangat Alif untuk terus berjuang dan berusaha hingga akhirnya ia benar-benar mendapatkan apa yang ia impikan.
——————————————-
Buku ini sangat recommended. Kalau dibandingkan dengan negeri 5 menara yang pernah saya baca, saya lebih suku buku ini baik dari cerita, alur, maupun gaya bahasanya. Namun ada beberapa bagian yang kurang saya suka seperti pada bagian Alif yang memanggil istrinya dengan panggilan cinta. Apakah pasangan baru itu memang begitu ya? Ughh aku memang bukan penggemar novel cinta sehingga aku merasa aneh untuk membacanya. But overall, the score I’d give is 9,5 of 10.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s