Learning From the Past

(Foto diambil dari google)
“People are all over the world telling their one dramatic story and how their life has turned into getting over this one event. Now their lives are more about the past than their future.”  -Chuck Palahniuk, Invisible Monsters
Setiap kejadian yang berlalu pasti meninggalkan kenangan. Ada kenangan yang manis dan ada pula yang pahit. Kebanyakan dari manusia sulit untuk melepaskan kejadian yang telah berlalu, entah karena terlalu sayang dengan kenangannya atau karena tak bisa bangkit dari keterpurukan di masa lalu.
Saya pun pernah berhenti melangkah untuk meratapi masa lalu, ketika apa yang telah saya perjuangkan nyatanya tak membuahkan hasil. Sakit hati. Bumi rasanya berhenti berputar ditambah tidak adanya suntikan semangat yang saya terima. Namun seiring berjalannya waktu, saya sadar bahwa tidak ada gunanya jika saya meratapi masa lalu itu, kesedihan yang saya rasa tetap menjadi kesedihan. Saya ingin bahagia, maka dari itu saya harus move on dari masa lalu. Saya bertekad untuk lebih baik lagi dalam melakukan sesuatu dengan belajar dari kesalahan yang telah saya perbuat dan saya berjanji untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Masa lalu bukan untuk di kenang, tapi untuk diajadikan pelajaran. Belajarlah disetiap kejadian yang kita alami, pasti ada makna dibaliknya. Tidak ada rasa yang bertahan selamanya, sedih akan berganti menjadi bahagia, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu janganlah berlarut-larut dalam kesenangan atau kesedihan. Teruslah melangkah maka masa lalu akan semakin jauh. Hadapilah apa yang ada saat ini, hiduplah di masa sekarang dan buatlah menjadi masa lalu yang indah yang apabila kita mengingatnya mampu memberi suntikan semangat bagi kita.
“Yesterday is gone. Tomorrow has not yet come. We have only today. Let us begin.”  – Mother Teresa
Tinggalkan Balasan

