dr Eka Julianta, inspirasi calon dokter muda Indonesia

 

creativetrees
Foto diambil dari sini

Nama beliau adalah Prof.Dr.dr. Eka Julianta Wahjoepramono Sp.Bs. Beliau merupakan dokter bedah saraf asal Indonesia yang reputasinya tidak hanya di tingkat Nasional, namun sudah go International. Beliau merupakan satu-satunya dokter bedah saraf asal Indonesia yang berhasil melakukan bedah pada batang otak. Beliau bahkan masuk dalam rekor muri sebagai dokter yang berhasil melakukan bedah pada batang otak. Prestasi yang beliau miliki tentunya tak lepas dari ilmu pengetahuan yang luas serta skill yang terus terasah.

Sebagai seorang dokter bedah saraf yang berhasil melakukan bedah pada batang otak, beliau kini menjadi dokter yang terkenal hingga ke dunia Internasional. Beliau bahkan menjadi dosen tamu di Universitas Harvard serta beberapa universitas terkemuka lainnya seperti Taiwan National University, Taipei Medical University, The University of Melbourne (Australia), The University of Toronto (Kanada), dan Tokyo Women’s Medical University. Beberapa operasi yang dilakukan oleh beliau pun pernah disiarkan langsung melalui satelit dan disaksikan oleh para dokter bedah syaraf di Jepang. Prestasi beliau tersebut tentunya telah membangkitkan nama Indonesia di dunia Kedokteran. Meskipun di bidang Kedokteran, berbagai literatur serta teknologi umumnya berasal dari luar negeri, namun beliau mampu membuktikan bahwa dokter asal Indonesia juga mampu menjadi dokter yang tak kalah kompeten dengan dokter luar negeri.

Sosok beliau yang luar biasa membuat saya terkagum akan pengetahuan serta skill yang beliau miliki. Indonesia memang masih jauh tertinggal dengan Negara maju dalam menciptakan ilmuan serta dokter handal yang mampu membuat revolusi terbaru dibidang Kesehatan. Namun hal itu harusnya tidak menjatuhkan semangat mahasiswa Indonesia untuk terus mengasah pengetahuan serta skill agar mampu memberikan terapi yang baik untuk pasien. Dalam dunia kedokteran, kemajuan teknologi serta didukung dengan skill yang baik oleh dokter merupakan kunci keberhasilan dari terapi yang diberikan. Sebagai seorang yang menggeluti di bidang Kesehatan, melakukan riset serta banyak membaca literatur merupakan salah satu langkah untuk meng-update ilmu pengetahuan agar tidak ketinggalan dengan teknologi-teknologi baru yang mulai diterapkan. Serta terus mencari pengalaman agar skill terasah dengan baik. Oleh sebab itu mahasiswa Kedokteran dituntut untuk menjalani ko-ass dalam tingkat pendidikan yang dibimbing oleh dokter ahli masing-masing disiplin agar nantinya diharapkan mahasiswa mampu berkomunikasi serta melakukan terapi yang terbaik untuk pasien.

Diakhir tulisan, saya berharap bahwa kita sebagai mahasiswa Indonesia mampu menjadikan beliau sebagai inspirasi untuk terus menuntu ilmu, meng-update ilmu pengetahuan serta mengasah skill agar mampu memberikan kontribusi bagi tanah air tercinta, Indonesia. Selamat hari kemerdekaan Indonesia, di penghujung bulan Agustus. ^^

Sumber :
http://woodyblogpecker.blogspot.com/2012/09/2-dokter-asal-indonesia-yang-terkenal
http://serabi-indonesia.blogspot.com/2013/01/eka-julianta-wahjoepramono-operasinya.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s