Tulisan Untuk Diri Sendiri

Terkadang hidup benar-benar meletakkan kita pada kondisi yang sangat melelahkan. Kondisi dimana pada satu sisi kita merasa bahagia atas sesuatu yang baru kita dapatkan, namun disisi lain tepatnya didalam hati, ada rasa yang sangat membebani, rasa sedih karena perlahan-lahan kita mulai meninggalkan sesuatu yang selalu ada dalam diri kita. Lelah bertengkar dengan pikiran dan perasaan, yang selalu berada disisi yang berlawanan. Mencoba mengambil jalan tengah, berdamai, atau pun menyeimbangkan keduanya. Namun nyatanya kita kalah dengan sesuatu yang dominan berada di lingkungan kita. Terkadang, ada perasaan takut dalam diri ini. Takut akan kehilangan sosok yang telah lama dipelihara, sosok dimana rasa nyaman itu terus ada, meski itu minoritas. Dan karena sosok minoritas itulah, disaat bergaul dengan banyak orang, justru membuat diri ini banyak menerima hal-hal baru yang dapat menggoyahkan pendirian, merusak sosok yang telah lama dipelihara.

Aku selalu mengatakan dan menanamkan dalam diriku “act, think, and speak calmly”. Karena menurutku dengan ketenangan dan kerendahan hati lah aku mampu mengontrol perasaan ku, bertindak yang sesuai dengan sosok aku. Namun nyatanya aku salah, bahwa hidup bukan tentang aku dan benda-benda mati disekitar ku. Hidup adalah tentang banyaknya manusia yang ditemui dengan sosok yang berbeda-beda. Dimana ketika banyak bergaul dengan sosok-sosok mereka, justru mengaburkan sosok yang ada dalam diri ku sendiri. Justru membuatku bingung dengan sosok yang telah aku buat. Pikiran “apakah aku telah salah dalam membangun sosok ku? Lantas, haruskah aku merubahnya seperti mereka” sering sekali berputar dikepala ku. Sedangkan hati ku mengatakan “lakukan apa yang kamu merasa nyaman”. Pikiran mengajak ku tuk berubah dengan logika-logikanya yang selalu menghantui ku, namun hati ku menyuruhku untuk tetap berada di posisi ku, posisi dimana aku merasa nyaman.

Entah kapan pertengkaran ini akan berakhir. Namun satu hal yang aku pinta untuk saat ini, tetap lah menjadi aku, hildaa.

Tinggalkan Balasan

