Bertumbuh

beautiful_tree_by_pixiepasa-d45um9b

Dulu aku pernah memiliki prinsip bahwa aku harus bisa ‘berubah’ menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satu caranya adalah mengagumi sosok-sosok yang luar biasa untuk dijadikan motivasi agar aku bisa seperti mereka. Sosok yang luar biasa itu kutemukan bukan hanya orang yang terkenal, namun orang yang ada di sekelilingku; guru, dosen, serta teman. Menurutku orang yang hebat memiliki kepribadian yang juga luar biasa. Mereka memiliki manners yang bagus, menghargai setiap manusia meski mereka biasa-biasa saja, menghargai setiap pemberian yang diberikan tuhan meski itu adalah hal yang kecil, dan juga memiliki pemikiran yang bijak dalam menyikapi hidup.

Memperhatikan mereka, aku ingin merubah diriku agar bisa seperti mereka. Mencoba mengikuti rutinitas yang mereka lakukan yang membuat mereka menjadi luar biasa. Awalnya aku menduga ini adalah pencapain baik yang telah aku lakukan, yaitu berusaha ‘berubah’ menjadi orang yang hebat. Namun, seiring berjalannya waktu aku merasa telah meninggalkan sosok diriku sendiri. Jiwa ku hilang, merayapi angan-angan sosok yang kuidamkan. Dari sini aku sadar bahwa berusaha menjadi sosok seperti orang lain bukan lah cara yang tepat untuk memperbaiki diri.

Pagi ini ketika aku tengah menghirup udara segar di luar rumah, tatapan ku tertuju pada pohon yang telah ditanam ibu semenjak aku kecil. Pohon itu ketika ditanam ibu, tingginya seperti aku ketika berumur 5 tahun.  Namun sekarang pohon itu tumbuh dengan hebatnya, tingginya bermeter-meter diatas ku, buah nya lebat sering di minta oleh tetangga.

Dari situ aku berpikir. Mungkin hidup seperti halnya sebuah pohon. Harus bertumbuh. Benih mangga jika ditanam akan tumbuh menjadi pohon mangga, begitu juga dengan benih pepaya jika ditanam akan tumbuh menjadi pohon pepaya. Pohon jambu tak mungkin bisa berubah menjadi pohon beringin yang lebat daunnya, gagah batangnya. Namun pohon jambu bisa memaksimalkan usahanya untuk terus bertumbuh, menghasilkan banyak buah agar bisa bermanfaat. Seperti itu lah manusia, tuhan telah menciptakan setiap manusia dengan karakteristik masing-masing, skills dan kemampuan masing-masing, lalu kesuksesan yang akan kita dapatkan pun tak akan sama. Mungkin inilah maksud orang hebat yang mengatakan bahwa kesuksesan bukan dinilai dari suatu pencapain, melainkan suatu proses.

Teruslah bertumbuh
Meski ditempa oleh masalah
Dihanyutkan dalam kesedihan
Dibuai oleh kesenangan dunia.
Kita harus bertumbuh,
Menjadi sosok yang tegar
Sosok yang lebih bijak dalam menghadapi masalah
Mudah bangkit kala datang kesedihan
Waspada terhadap kesenangan
Kita harus bertumbuh,
Agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik.

Photo by this

2 responses to “Bertumbuh

  1. Benar mba, menjadikan orang lain sebagai contoh memang salah satu dari sekian cara untuk menjadi lebih baik, tapi jika melakukannya tanpa ilmu justru akan jadi bumerang dikemudian hari. Cara amannya ya, jadi diri sendiri dalam artian terbebas dari nilai-nilai orang lain… 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ping-balik: Introspeksi dari ‘Bertumbuh’ | Room Of imagination·

Tinggalkan Balasan

