Mencari ridho-Nya

Akhir-akhir ini aku sering berpikir, bertanya pada diri sendiri tentang hakikat kehidupan. Aku sering kali bertanya pada diri-ku “untuk apa aku hidup?”  atau “ingin menjadi manusia yang seperti apa nantinya”

Tujuan hidup ku sejak dulu masih sama “aku ingin bermanfaat bagi orang lain”, meskipun selama ini tak banyak yang bisa ku lakukan untuk orang lain. Terkadang aku pun menyesal ketika ada orang yang meminta bantuan namun ku tolak karena tak sanggup, padahal aku belum mengerjakannya sudah bilang tak sanggup. Duuh, betapa kejamnya diri ini.

Barusan pikiran membawa diri ku ke masa-masa SMP, mengingatkan ku dengan sosok teman yang ku miliki. Ia teman yang sangat baik dan bijak, aku senang jika memiliki waktu berbincang dengannya. Ia anak yang rajin beribadah, berkebalikan dengan aku sewaktu itu.

Suatu hari aku sempat menanyakan sebuah pertanyaan padanya.

“mengapa kamu begitu rajin shalat? Pasti pahala mu sangat banyak”

“Aku shalat bukan untuk mencari pahala, hilda. Aku shalat karena ikhlas”

“Ehhh? Maksudnya?”

“Iya hilda. Aku pernah membaca di sebuah buku, bahwasanya tujuan kita hidup adalah untuk mencari ridho-Nya. Kalau yang kita harapkan adalah pahala, kita tak selebihnya seperti orang yang meminta imbalan. Oleh sebab itu kita dituntut untuk melakukan segala sesuatu dengan ikhlas, agar Allah meridhoi perbuatan kita”

Pada waktu itu aku masih belum mengerti dengan maksudnya. Namun kata-katanya cukup bijak untuk membuat ku kagum. Dan kini, perbincangan waktu itu kembali mengisi pikiran ku.

Mungkin ada benarnya apa yang dikatakan temanku. Bahwasanya segala perbuatan kita adalah untuk mencari ridho-Nya dan salah satu caranya adalah dengan belajar ikhlas. Ikhlas memang tak mudah untuk dilakukan. Bagaimana mungkin kita semudah itu menerima orang yang kita cinta diambil oleh Allah, bagaimana bisa kita merelakan sesuatu yang telah kita perjuangkan diambil oleh orang lain. Namun itu lah cara tuhan menguji ke-ikhlasan hati kita. Bahwasanya segala yang kita miliki adalah milik-Nya. Dan bahwasanya  setiap kita memiliki kelebihan yang diberi oleh Allah agar kita bisa bermanfaat bagi orang lain.

Semoga kita termasuk orang yang mampu ikhlas agar allah meridhoi kehidupan kita.

Tinggalkan Balasan

