Wisuda : Sebuah Refleksi

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillahirabbil alamin atas segala nikmat dan karunia Allah SWT, saya masih diberi kesempatan untuk menulis tulisan di blog ini.

Selasa 16 Juni 2015, alhamdulillah, saya dan teman-teman telah disahkan menjadi sarjana oleh universitas. 4 tahun lamanya menimba ilmu, jika dihitung dengan hitungan jari memang bukanlah angka yang besar, namun perjuangan melaluinya penuh dengan liku-liku. Teringat dulu bagaimana rasanya penat, sedih, dan juga hal-hal lain yang melukai hati.

Menjadi sarjana bukanlah suatu kebanggan, seperti yang disebut oleh kebanyakan orang. Justru saya mendapati ketakutan tersendiri. Dalam acara wisuda kemaren, saya dan teman-teman membacakan janji yang salah satu isinya berbunyi seperti ini “…bahwa kami setiap saat siap melaksanakan tugas dan kewajiban yang dibebankan kepada kami dengan jujur dan konsekuen serta tanggung jawab”. Janji seperti hakikatnya yang harus ditepati dan akan berdosa jika diingkari.

Gelar sarjana yang kita dapat bukanlah suatu kebanggan penghias nama belakang kita. Nyatanya adalah sebuah pertanggung jawaban atas profesi yang kita tekuni. Profesi ku, yang berada dalam lingkup kesehatan, menuntut ku bertanggung jawab terhadap ‘nyawa’ manusia. Sedih jika memikirkan ini, mengingat ilmu ku yang masih kurang.

Terkadang takut sendiri, pantaskah aku menyandang gelar ini? Pantaskah aku setelah ini menjadi co-assistant di rumah sakit?

Beruntungnya ditengah kekhawatiran ini tuhan menghadirkan teman yang motivated kepada ku. Mahasiswi terbaik di fakultas kedokteran adalah kerabatku sendiri. Ini menjadi inspirasi tersendiri untuk ku karena dia begitu pandai dan rajin dalam belajar. Semoga aku bisa meniru semangat dia dalam menimba ilmu.

Atas pencapain yang ku dapat saat ini, aku berharap semoga Allah selalu memberikan ku semangat untuk terus belajar, aku pun berharap semoga profesi ku ini adalah profesi terbaik yang telah tuhan berikan sebagai jalan ku untuk bermanfaat bagi orang lain. Dan semoga Allah selalu memudahkan jalanku dalam menimba ilmu. Aamiin ya rabbal alamin.

IMG_2383

5 responses to “Wisuda : Sebuah Refleksi

Tinggalkan Balasan

