(Sedikit) Referensi untuk Belajar Bahasa Inggris

Dulu ketika masih sekolah, bahasa inggris merupakan salah satu pelajaran yang wajib untuk dipelajari. Sehingga dalam seminggu saya pasti mendapatkan pelajaran bahasa inggris. Berbeda dengan di bangku kuliah saya (yang bukan jurusan bahasa inggris), saya mendapatkan pelajaran bahasa inggris hanya satu semester, itu pun sudah berakhir. Padahal, bahasa jika tidak diterapkan lambat laun pasti akan menurun dari ingatan. Oleh sebab itu sampai saat ini saya masih belajar untuk berusaha menjaga dan meningkatkan kemampuan bahasa inggris saya.  Saya sadari bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang sangat penting untuk dipelajari, karena bahasa ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Dan di sini saya akan berbagi beberapa referensi yang sering saya gunakan untuk memperdalam bahasa inggris saya, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

TheYuniversity

Sudah sekitar dua tahunan saya tau akun ini, tau nya waktu lagi blogwalking di tumblr, terus ada yang memposting sebuah gambar yang isinya penjelasan tentang salah satu grammar. Pas dibuka tumblr-nya ternyata memang keren banget. Waktu itu akunnya hanya sekedar tumblr dan twitter. Akun twitter biasanya berisi penjelasan singkat mengenai grammar, dailyquotes, dan terkadang juga sebagai grammarnazi. Kalau tumblr-nya berisi penjelasan suatu grammar lewat gambar 2 dimensi, jadi mudah untuk dimengerti dan gak boring. Berbeda dengan akun-akun lainnya yang umumnya memberikan penjelasan dalam bentuk kalimat atau bahkan paragraf. Sehingga terkadang isinya tidak mudah untuk dipahami. Apalagi untuk seseorang yang bahasa inggrisnya masih dasar, bukannya tambah paham eh malah tambah pusing.
Sekarang akun ini sudah melebarkan sayapnya, ia sekarang memiliki akun di medium dan juga ask.fm. Tambah suka pokoknya sama akun ini. Kalau di ask.fm, si admin dari akun ini menerima pertanyaan seputar bahasa inggris dan nantinya akan dijawab dan jelaskan. Akupun sering bertanya di akun ini kalau ada bingung dengan salah satu grammar. Dan si admin ini orangnya ramah, ga pernah marah meski terkadang yang bertanya menggunakan bahasa inggris yang masih berantakan.
Dan yang ga kalah menarik adalah akunnya di medium. Di akun yang semacam blog ini, TheYuniversity menuliskan tulisan artikel ataupun tips seputar bahasa inggris. Dan tulisan-tulisan di blog nya itu cantik, grammarnya benar, pemilihan kosa katanya tepat, alur penulisannya juga bagus *wes aku kayak ngerti aja mana yang benar dan tepat haha* yah pokoknya cantik deh tulisannya. Terus juga beberapa bulan yang lalu TheYuniversity mengadakan pemilihan anggota interns, jadi siapapun yang ingin berkontribusi buat TheYuniversity baik itu berupa tulisan dan juga desain bisa mengajukan diri dan nanti akan diseleksi. Pemilihan itu sudah ditutup jadi sekarang sudah ada anggota baru interns. Nah jadi sekarang tulisan di medium ini yang berkontribusi adalah para anggota intern. Karena mungkin anggotanya itu ada yang remaja jadi tulisan-tulisannya itu sekarang ada yang mellow puitis gitu, bikin melting deh pokoknya kalau dibaca.
Jadi buat kalian yang sedang berusaha untuk meng-improve bahasa inggris kalian sangat saya sarankan buat mengunjungi akun ini. Hihi

Britishcouncil

Sebelum menemukan akun TheYuniversity, akun yang sering  saya kunjungi adalah websitenya Learning english british council. Website ini juga sama menariknya dengan TheYuniversity.
Dari akun ini kita juga bisa belajar grammar. Kita pun juga bisa belajar listening. Nah listening ini yang paling saya suka karena topiknya seputar UK dan seringnya London <3. Dan ini pun bukan hanya audio loo tapi video! Jadi kita bisa menikmati keindahan kota london juga <3.
Artikel dalam website ini juga bagus dan informatif, tapi tidak sebanyak di TheYuniversity. Dan tulisannya pun juga indah jadi ga bosan untuk dinikmati, dan topiknya juga menarik. Dan nilai lebih dari website ini adalah ada latihannya, baik itu di bagian reading, writing ataupun listening. Walaupun cuman latihan biasa sih, ga sesulit latihan bahasa inggris waktu di sekolah tapi setidaknya bisa melatih kita lah.

Vocabulary

Dari namanya juga udah bisa ketebak kalau ini adalah tentang kamus. Ya benar memang website ini adalah kamus.  Website ini cukup membantu kita yang kebingungan untuk menerjemahin suatu kata, karena dijaman yang serba digital ini, hanya sebagaian kecil saja yang setiap waktu selalu sedia kamus di dalam tas, yaa kaaan?. Dan terjemahan dari website ini sangat lengkap disertai dengan contohnya, jadi cocok buat kita yang benar-benar ingin memperdalam vocabulary, bukan hanya tau tapi juga mengerti maksud dari suatu kata.
Oiya, kalau masalah kamus itu, pengguna apple juga bisa menggunakannya tanpa menggunakan aplikasi ya kan? Tinggal kita blog suatu kata, terus pilih opsi define lalu muncullah terjemahannya, dan juga disertai dengan contohnya. Lebih simpel sih, aku pun lebih sering menggunakan yang ini :p

Elevate – brain training.

Elevate ini merupakan program yang didesain untuk meningkatkan fokus, kemampuan bicara, kecepatan membaca, ingatan, skill matematika dan masih banyak lagi (sumber: klik)
Jadi program ini isinya macam-macam. Satu hari kita cuman kebagian 3 jenis materi, lalu esoknya akan berbeda lagi materinya. Materi nya itu bisa berupa focus, processing, brevity, math, reading, dan masih banyak lagi. Nantinya setiap materi itu ada EPQ nya (elevate proficiency quotient), jadi kita bisa mengetahui sudah sejauh mana kita menguasai materi tersebut.

IMG_2482IMG_2489IMG_2485

Journal

Bisa dikatakan membaca jurnal juga bisa memperdalam bahasa inggris kita. Kalau di jurusan saya, referensi yang digunakan baik itu untuk tutorial, paper, ataupun KTI adalah jurnal dan juga textbook. Jurnal yang digunakan harus jurnal yang up-to-date (minimal 5 tahun terakhir), sedangkan textbook minimal 10 tahun terakhir. Jadi sebenarnya kami ini mau tidak mau harus bisa membaca jurnal dan memahaminya sebagai bahan tugas yang dikerjakan.  Karena kata dan juga kalimat dalam jurnal kesehatan ini sedikit berbeda dengan artikel lainnya, jadi tantangan tersendiri untuk bisa menyelesaikan suatu jurnal disertai memahami isinya. Dari sinilah aku menjadikan kesempatan ini untuk memperdalam bahasa inggris.

Mungkin cuman itu saja yang bisa saya tuliskan. Karena saya pun masih belajar, masih banyak yang harus saya benahi. Mungkin jika ada kesalahan dalam penulisan diatas, sila tulis di kotak komentar dan saya akan sangat berterimakasih.  Semoga kita semua bisa meningkatkan kualitas kita dengan salah satunya adalah expert dalam kemampuan berbahasa inggris! 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s