Ramadhan #23: Berbuat baik dan jangan mengeluh

Tulisan ini merupakan tulisan 23/30 dari proyek menulis 30 Hari Mencari Berkah Ramadhan bersama Noryunita Rahmah dan Riski Agustin.

DChitwood_NoActOfKindnessIsEverWasted

Setiap orang pasti ingin melakukan kebaikan, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Namun, meski niatnya adalah untuk berbuat kebaikan terkadang ada saja hambatan-hambatannya. Tak banyak misalnya, seringnya dijumpai seseorang yang memanfaatkan kebaikan kita.

Terkadang kita masih mampu mentolerir karena niat kita yang ingin menolong, namun jika hal itu terjadi berulang-ulang pasti diri ini merasa kesal jua. Bagaimana tidak, jika ada seseorang yang hanyak datang ketika perlu lalu pergi setelah urusan itu berakhir, dan hal itu sering dilakukannya. Kekecewaan itu pasti lah akan datang, emosi pun kadang akan terbit, lalu berbagai harapan-harapan negatif terhadap dirinya pun dirasakan. Astaghfirullah al adzim.

Lalu suatu hari seorang teman bertanya

“apa yang memberatkan hati ade dalam menolong?”

“ga ada ka, ade ikhlas menolong dia”

“lantas apa yang membuat ade kecewa?”

“kecewa karena terkadang kebaikan ade hanya dimanfaatkan”

“tidak perlu kecewa akan hal itu, karena ada yang selalu mencatat setiap kebaikan manusia. Tidak perlu kecewa karena kebaikan untuk ade datangnya tidak harus dari dia, tapi dari hal lain pun bisa jadi itu adalah balasan atas kebaikan ade”.

Suatu curhatan hari itu cukup menyadarkan ku tentang keutamaan berbuat kebaikan. Terkadang semakin jauh dalam melangkah, niat-niat diawal sering terlupakan. Bahwasanya dalam berbuat kebaikan harus ikhlas, jangan sampai menilai  balasan yang akan diterima. Dan juga jangan sampai kebaikan itu tak bernilai di mata tuhan hanya karena kekecewaan yang kita keluhkan.

Semoga kita semua mampu ikhlas dalam berbuat kebaikan.

Iklan

2 responses to “Ramadhan #23: Berbuat baik dan jangan mengeluh

  1. Benar mba, ikhlas itu penting. Namun, tidak jadi berbuat kebaikan karena takut tidak ikhlas atau takut dikecewakan bukan sebuah solusi dalam menambah pundi-pundi pahala. Yuk, mari terus berbuat kebaikan. 😀

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s