Ramadhan #25: Cerpen – Sebuah Doa

Tulisan ini merupakan tulisan 25/30 dari proyek menulis 30 Hari Mencari Berkah Ramadhan bersama Noryunita Rahmah dan Riski Agustin.

Photo-of-Muslim-Baby-girl-praying

Kudapati ia selalu khidmat dalam setiap doa-doanya. Terkadang ia menangis, kadang pula ia tersenyum simpul. Ia selalu menghabiskan waktu yang cukup lama dalam berdoa. Ingin sekali rasanya ku tanyakan apa yang membuatnya begitu lama dalam berdoa, namun selalu ku urungkan niat ku itu.

Suatu ketika aku pun memberanikannya.

“apa gerangan yang membuatmu begitu lama dalam berdoa, kawan?”

“Karena aku memasukkan orang-orang yang ku sayang dalam setiap doaku”.

“lantas apa yang membuatmu sering menangis, kawan?”.

“ada dua hal yang sering membuatku menangis. Pertama karena orang yang ku sayang melakukan hal yang melukai, aku takut karena hal itu ia tak bisa masuk surga, maka aku berdoa semoga tuhan selalu menuntunnya pada jalan yang benar agar ia pantas masuk surga. Lalu yang kedua karena orang yang ku sayang tengah bersedih. Aku sedih melihatnya bersedih, maka dari itu aku berharap semoga dia selalu dimudahkan oleh Allah jalan hidupnya”

Ternyata alasan dibalik doa-doanya begitu dalam. Betapa indahnya sikap ia yang mendoakan dalam diam, mungkin ada sosok lain pun yang mendoakan dia dalam diam. Ah romantis sekali.

Mungkin ia adalah sosok nyata dari kutipan yang pernah ku baca, bahwa puncak tertinggi dari setiap rasa adalah doa. Jika ia marah dengan seseorang, ia mendoakan orang tersebut. Jika ia cinta dengan seseorang, ia mendoakan agar orang tersebut bahagia meski tidak bersamanya. Jika ia merindukan seseorang, ia berdoa semoga orang itu selalu dalam keselamatan.

Ah betapa indahnya mendoakan seseorang. Aku ingin belajar dari dia, semoga selalu ingat.

2 responses to “Ramadhan #25: Cerpen – Sebuah Doa

Tinggalkan Balasan

