Janji dokter gigi muda (kepaniteraan klinik) 2015 dan sebuah refleksi

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillahirrabil ‘alamin, karena pada hari ini kami telah resmi menjadi mahasiswa ko-ass di Rumah Sakit  Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman Banjarmasin. Pada hari ini pun kami meng-ikrarkan janji sebagai dokter gigi muda yang akan bertugas sebagai tenaga medis di Rumah Sakit maupun Instansi lain yang nantinya akan menjadi tempat kami menimba ilmu.

Merefleksikan sedikit mengenai janji hari ini. Ada satu janji yang berbunyi “Saya senantiasa mengutamakan kesehatan penderita, menghormati setiap hidup insani, menghargai penderita sebagai manusia-manusia yang ikut menambah pengetahuan saya”

Janji tersebut memuat makna bahwasanya tenaga medis harus memperlakukan manusia sebaik-baiknya, yang apabila ia sakit harus diobati dengan cara yang benar, pun jika ia dalam kondisi sehat mereka memiliki hak untuk tetap mendapatkan edukasi mengenai kesehatan (upaya promotif & preventif).

Hal tersebut menyadarkan saya bahwa menjadi seorang dokter (gigi) menuntut saya/kita untuk menjadi a long life learner. Bahwasanya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sebaik-baiknya seorang dokter perlu terus belajar untuk meng-update ilmunya. Karena ilmu dan juga teknologi yang digunakan saat ini belum tentu sepuluh tahun mendatang masih dapat digunakan untuk mengobati kasus yang sama. Maka dari itu istilah long life learner sangat tepat untuk mendeskripsikan seorang dokter.

Namun, yang namanya hidup pasti ada masanya lelah, lelah berjuang, lelah belajar. Maka dari itu saya selalu berdoa semoga saya (dan juga teman-teman sejawat sekalian) bisa selalu ingat dengan hakikat kita sebagai seorang dokter. Dan jika lelah itu datang, kita tidak terlarut dalam kesantaian yang berujung pada kemalasan.

Semoga kita semua bisa menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Aamiin ya rabbal alamin.
20150714_392020150714_83820150714_4063

S__16900106

S__16867342S__16859148

Iklan

2 responses to “Janji dokter gigi muda (kepaniteraan klinik) 2015 dan sebuah refleksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s