Ramadhan #29: Seperti senja

Tulisan ini merupakan tulisan 29/30 dari proyek menulis 30 Hari Mencari Berkah Ramadhan bersama Noryunita Rahmahdan Riski Agustin.

1-12713384478Nj7

Kusaksikan mentari itu merah ke-jingga-an, memantulkan sinarnya pada seisi semesta. Kolaborasi langit dan mentari sore itu nampak sangat indah. Aku terpaku menatapnya dari dalam mobil. Jarang sekali aku bisa menikmati senja yang seperti ini, sore-sore ku banyak ku habiskan didalam rumah yang mana mentari senja jarang bisa dinikmati dibalik jendela. Mungkin pikirku, beruntung mereka yang selalu menikmati sore di perjalanan pulang, entah itu dari kantor atau dari kampus. Mereka dengan mudahnya bisa menyaksikan senja yang begitu indah.

Masih ditempatku berada, mentari itu perlahan-lahan semakin rendah… semakin rendah… lalu tak terlihat, menyisakan gugus-gugus kegelapan. Langit telah berubah menjadi kehitaman.

Menyaksikan senja di sore itu, mengingatkanku akan ketidakabadian segala hal yang ada di dunia ini. Bahkan mentari dan bulan selalu berotasi, tidak selamanya berada di tempat yang sama. Aku teringat pada hari ini, Ramadhan ke-29. Dahulu sebelum memasuki Ramadhan, aku selalu menantikan hadirnya bulan ini. Karena di bulan Ramadhan lah aku benar-benar bisa mendapatkan ketenangan (setidaknya ‘sedikit’ lebih tenang dari biasanya). Mereka orang-orang disekitarku, hampir semuanya menjaga diri mereka, dari segala nafsu dan emosi. Rumah-rumah makan tutup di pagi sampai siang hari, menyisakan jalanan yang sunyi. Ahh betapa damainya bulan Ramadhan.

Kini tibalah kita di penghujung Ramadhan. Seperti senja yang indah, ramadhan pun meninggalkan keindahan bagi jiwaku sendiri. Entah aku yang mampu memperbaiki diriku, atau orang-orang disekitarku yang jua mampu memperbaiki diri mereka. Dan seperti halnya senja, semoga aku dan kita semua bisa kembali merasakan keindahan ramadhan yang berikutnya. Aamiin ya rabbal alamin.

Picture taken from here

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s