Jalan-jalan bersama staff Puskesmas

Selasa 25 Agustus 2015, saya dan teman-teman satu kelompok beserta beberapa staff Puskesmas melakukan perjalanan yang lumayan (jauh) untuk melaksanakan suatu program Puskesmas. Lokasi yang kami tuju adalah Desa Sungai Lenge, yang merupakan salah satu wilayah kerja dari Puskesmas Sungai Lulut (tempat saya dinas saat ini). Perjalanan tersebut kami tempuh melalui jalur air dengan menggunakan kelotok, pasalnya jika menggunakan mobil ambulans akses jalan yang ada tidak memadai, kalaupun pakai motor jalannya sulit untuk dilalui, yaah kalau kata kepala puskesmas sih “bisa bawa motor tapi jalannya seperti naik kuda :D”

16842 16843

Kegiatan yang kami lakukan adalah Posyandu dan juga Penjaringan Murid Baru (kelas 1 SD). Lokasi untuk kegiatan tersebut tidak pada satu tempat, untuk kegiatan Posyandu di salah satu rumah warga setempat sedangkan Penjaringan Murid Baru dilakukan di MIS Sungai Lenge. Dikarenakan saya dan teman-teman satu kelompok memiliki tugas survei (dari kampus) dengan anak sekolah dasar, akhirnya kami pun memutuskan untuk membantu kegiatan Penjaringan Murid Baru sambil kami melakukan survei. Lokasi sekolah yang kami tuju ini lebih dekat ketimbang harus ke Posyandu, perjalanannya sekitar 20 menit.

Desa Sungai Lenge bisa dikatakan jauh dari perkotaan, akses jalan tidak memadai, listrik pun ada beberapa daerah yang tidak ada (sepenglihatan saya ketika dalam perjalanan kemarin). Sehingga ketika kami melakukan Penjaringan Murid Baru, siswa-siswa bisa dikatakan ‘kurang bersih’. Pasalnya air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari mereka menggunakan air sungai (PDAM tidak tersedia didaerah tersebut), dan orang tua mereka sepertinya kurang memperhatikan dengan kebersihan anak-anaknya. Hal tersebut didukung ketika dilakukan pemeriksaan (Telinga, Mata, Mulut, Berat Badan, Tinggi Badan), untuk kebersihan telinga dan mulut hanya sedikit siswa yang lebih bersih. Dan kebanyakan siswa nya pun sepenglihatan saya, mandi tidak menggunakan sabun, kan bisa dibandingkan mana anak yang mandi pakai sabun dan tidak.

16848 16847

Hari itu, selama beberapa jam menjadi bagian dari mereka, saya tak tahu harus berkomentar apa dengan kondisi itu. Di satu sisi saya merasakan adanya ketenangan berada disana, anak-anak yang sangat ceria main kejar-kejaran, excited dengan kedatangan kami yang berseragam putih, tidak ada kebisingan transportasi, transportasi yang tersedia masih tradisional yaitu jukung atau kelotok, tidak terdistraksi oleh gadget saat sedang berkomunikasi, yaaah pokoknya nyaman deh disana. Namun di sisi lainnya, mereka tak terjangkau oleh sumber air bersih dan juga listrik (sebagian), serta (mungkin) karena tenaga pengajar yang kompeten tidak banyak dan jua tenaga kesehatan yang sedikit sehingga pengetahuan mereka dan juga pola kebersihan mereka kurang baik.

Melihat kondisi tersebut, di satu sisi saya berharap semoga daerah mereka bisa lebih maju agar pengetahuan dan kesehatan mereka pun lebih baik, namun di sisi yang lain saya tidak ingin dengan bertambahnya maju daerah tersebut, kemodernisasin (?) pun masuk kedalam bagian mereka, sehingga nilai-nilai tradisional akan berkurang :’’

Yah sekarang harapanku semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kemajuan daerah mereka. Aamiin allahumma aamiin :’’

16861

16859 Mereka yang excited kalau difoto 😀

16850

16870

Mereka yang ngejar-ngejar kami saat kami hendak balik ke kelotok 😀

16869

Mereka yang melepas kepergian kami :’D

PS. All photos credit to Melinda Hairi. Dikarenakan handphone saya tertinggal di puskesmas saat sedang di charge, jadinya saya tidak bisa mengabadikan pemandangan yang ada selama perjalanan :”

Iklan

One response to “Jalan-jalan bersama staff Puskesmas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s