This too shall pass

images

Teringat apa yang pernah dituliskan oleh kakak tingkat dalam blognya yang berjudul ‘this too shall pass’. Sebuah tulisan self-reminder bagi dirinya sendiri yang tengah memasuki dunia ko-ass, bahwa segala perjuangan, penderitaan pasti akan berakhir. Dari situ saya mengetahui kalimat itu, dan menjadi pengingat saya saat tengah berada di luar zona aman.

This too shall pass; ini pun pasti berlalu. Sudah semenjak September atau bahkan sebelumnya saya selalu memikirkan masalah ko-ass, ko-ass, dan ko-ass. Ko-ass seperti yang saya tau dan rasakan, adalah masa perjuangan mahasiswa kedokteran dan kedokteran gigi yang sebenarnya. Saya mulai menyadari bahwa kuliah tak ada apa-apanya dibandingkan ko-ass, bahwa skripsi tak ada apa-apanya dibandingkan tugas-tugas nya mahasiswa ko-ass *lalu nangis di pojokan *mulai drama.

This too shall pass. Sesungguhnya setiap perjalanan pasti bermuara pada suatu ujung, entah nanti akan bercabang lagi atau menjadi akhir suatu pencapaian. Yang pasti segala perjalanan pasti akan terlalui, selama berusaha untuk melaluinya, tidak jalan ditempat.

This too shall pass. Sesungguhnya tak ada yang mudah untuk mencapai suatu pencapaian. Setiap perjalanan pasti ada rintangannya. Seperti petuah seorang guru “tidak ada yang mudah kalau mau jadi orang sukses, kalau gak mau menikmati sulitnya perjuangan gak usah jadi orang sukses”. Kurang lebih seperti itulah yang diucapkan oleh guru saya, meski, bukan kesuksesan (seperti paradigma orang pada umumnya) yang ingin saya capai.

This too shall pass. Pada akhirnya kemenangan itu pasti datang. Entah itu sesuai harapan atau dalam bentuk yang lain. Percayalah bahwa Allah telah membungkus kado terindah, sesuai dengan yang dikehendakinya. Teruslah bersyukur pada apa yang telah diberikan olehNya. Karena kebahagiaan itu letaknya pada dua hal: hati yang cukup dengan apa yang dipunya dan hati yang menerima segala pemberian dariNya.

Terus semangat dalam berjuang, apapun itu. Semoga dalam setiap perjalanan akan selalu ada pelajaran yang dapat petik. Dan semoga dalam setiap perjalanan akan selalu mampu menjadikan diri ini lebih baik dari yang sebelumnya. ^^ Menangkan!

Iklan

2 responses to “This too shall pass

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s